Resume
Paper:
FUZZY
MULTIPLE-CRITERIA DECISION MAKING
FOR EVALUATING
FERRY SERVICE QUALITY
Oleh :
Retno Widowati
Dalam paper yang berjudul “A Fuzzy Decision Making Approach In Evaluating Ferry Service Quality”
menggambarkan sebuah metode yaitu bagaimana mengambil keputusan dalam
mengevaluasi kualitas pelayanan “ferry” antara Pulau Paninsular, Malaysia
dengan titik-titik spot area wisata di sekitar lokasi tersebut dengan
menggunakan metode pendekatan algoritma fuzzy
multiple criteria. Memang, tidak hanya, dari satu paper ini saja mengungkapkan bahwa implementasi dari sistem
pembuatan keputusan dapat dilakukan dengan metode algoritma fuzzy multiple criteria. Sehingga, dari segi akurasinya, metode ini
sudah sering kali digunakan dan dapat digunakan sebagai tools dalam logika pendukung keputusan yang sudah terbukti
kebenarannya.
Pada studi kasus
penelitian kali ini, peneliti mengambil kasus kualitas pelayanan kapal ferry. Adapun hal ini diangkat menjadi
topik utama karena bagi kawasan pulau yang kaya akan tempat wisata yang menarik
perlu dikelola dengan baik, sehingga diharapkan dapat menghasilkan benefit yang
berbanding lurus dengan kuaitas servisnya, yaitu kualitas servis untuk kapal ferry.
Berikut ini akan
diuraikan metode penggunaan pendekatan algoritma fuzzy multiple criteria berdasarkan data yang diperoleh dari sudut pandang
pelanggan, diantaranya
·
Tahap pertama, obtaining
performance for each criterion
Pada tahap ini terdapat beberapa metode yang perlu dijalankan, yaitu
mengukur kriteria performansi. Dapat dilakukan dengan langkah-langkah sebagai
berikut ini :
a) Setting a triangular fuzzy number, a based on responses from
questionnaire
b) Compute overall evaluation of the fuzzy judgement
c) Obtain end point of fuzzy numbers, Aij
d) Defuzzification
e) Ranking the performance criteria
·
Tahap kedua, obtaining level and
degree of satisfaction
Pada tahap ini terdapat beberapa metode yang perlu dijalankan, yaitu
mengukur kriteria level kepuasan. Dapat dilakukan dengan langkah-langkah
sebagai berikut ini :
a)
Define a linguistic level
of service based on responses from questionnaire
b)
Obtain weight for each
respondent
c)
Obtain the overall value
of membership function
Kemudian dari segi langkah-langkah penelitiannya, peneliti menggunakan
metode sebagai berikut :
a)
Mendesain kuisioner
b)
Mengevaluasi aspek dan kriteria yang akan diukur/diketahui
Kriteria yang
akan dievaluasi terdiri atas 4 macam katagori, yaitu On-board comfort, Ferry Employees, Handling of abnormal conditions, dan
Reliability of Service.
Masing – masing
diuraikan lagi secara terperinci, dimana masing – masing point dari uraian
tersebut diberikan symbol, seperti C1, C2, C3,
dst, seperti gambar berikut :
Gambar 1. Aspek/criteria
yang akan diukur / dievaluasi pada studi kasus
c)
Melakukan survey
d)
Mengimplementasikan perhitungan metode fuzzy
boleh tau lebih detil mengenai tahap-tahap yang diatas,dapat dijabarkan dengan contoh-contoh. Terima kasih
ReplyDelete