Tuesday, October 9, 2012

Fuzzy MCDM


Resume Paper:

FUZZY MULTIPLE-CRITERIA DECISION MAKING
FOR EVALUATING FERRY SERVICE QUALITY
Oleh :
Retno Widowati

Dalam paper yang berjudul “A Fuzzy Decision Making Approach In Evaluating Ferry Service Quality” menggambarkan sebuah metode yaitu bagaimana mengambil keputusan dalam mengevaluasi kualitas pelayanan “ferry” antara Pulau Paninsular, Malaysia dengan titik-titik spot area wisata di sekitar lokasi tersebut dengan menggunakan metode pendekatan algoritma fuzzy multiple criteria. Memang, tidak hanya, dari satu paper ini saja mengungkapkan bahwa implementasi dari sistem pembuatan keputusan dapat dilakukan dengan metode algoritma fuzzy multiple criteria.  Sehingga, dari segi akurasinya, metode ini sudah sering kali digunakan dan dapat digunakan sebagai tools dalam logika pendukung keputusan yang sudah terbukti kebenarannya.
Pada studi kasus penelitian kali ini, peneliti mengambil kasus kualitas pelayanan kapal ferry. Adapun hal ini diangkat menjadi topik utama karena bagi kawasan pulau yang kaya akan tempat wisata yang menarik perlu dikelola dengan baik, sehingga diharapkan dapat menghasilkan benefit yang berbanding lurus dengan kuaitas servisnya, yaitu kualitas servis untuk kapal ferry.
Berikut ini akan diuraikan metode penggunaan pendekatan algoritma fuzzy multiple criteria berdasarkan data yang diperoleh dari sudut pandang pelanggan, diantaranya
·         Tahap pertama, obtaining performance for each criterion
Pada tahap ini terdapat beberapa metode yang perlu dijalankan, yaitu mengukur kriteria performansi. Dapat dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut ini :
a)      Setting a triangular fuzzy number, a based on responses from questionnaire
b)      Compute overall evaluation of the fuzzy judgement
c)      Obtain end point of fuzzy numbers, Aij
d)      Defuzzification
e)      Ranking the performance criteria


·         Tahap kedua, obtaining level and degree of satisfaction
Pada tahap ini terdapat beberapa metode yang perlu dijalankan, yaitu mengukur kriteria level kepuasan. Dapat dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut ini :
a)      Define a linguistic level of service based on responses from questionnaire
b)      Obtain weight for each respondent
c)      Obtain the overall value of membership function

Kemudian dari segi langkah-langkah penelitiannya, peneliti menggunakan metode sebagai berikut :
a)      Mendesain kuisioner
b)      Mengevaluasi aspek dan kriteria yang akan diukur/diketahui
Kriteria yang akan dievaluasi terdiri atas 4 macam katagori, yaitu On-board comfort, Ferry Employees, Handling of abnormal conditions, dan Reliability of Service.
Masing – masing diuraikan lagi secara terperinci, dimana masing – masing point dari uraian tersebut diberikan symbol, seperti C1, C2, C3, dst, seperti gambar berikut :

Gambar 1. Aspek/criteria yang akan diukur / dievaluasi pada studi kasus
c)      Melakukan survey
d)     Mengimplementasikan perhitungan metode fuzzy

1 comment:

  1. boleh tau lebih detil mengenai tahap-tahap yang diatas,dapat dijabarkan dengan contoh-contoh. Terima kasih

    ReplyDelete