CRM
Atau yang lebih familiar dikenal sebagai Customer Relationship Management dapat didefinisikan sebagai strategi untuk menjalin hubungan kepada pelanggan berkenaan dengan layanan pra jual, penjualan, hingga purna jual.
Sasaran CRM :
yaitu untuk meningkatkan pertumbuhan perusahaan jangka panjang dan meningkatkan profibilitas bagi perusahaan
Fungsi CRM :
* mengorientasikan sistem berdasarkan need and wants pelanggan (customer-oriented)
* mengukur kepuasan pelanggan dari sudut pandang pelanggan
* menangani komplain/keluhan pelanggan secara cepat dan tepat
* mencatat dan mengikuti aspek penjualan
* mengidentifikasi faktor-faktor yang penting bagi pelanggan
Bidang implementasi CRM :
* Marketing
* Selling
* Customer Service
Variasi CRM :
* Sebagai intelijen penjualan
* Menganalisis data pelanggan, cross-selling, up-selling
* Menggunakan SFA (Sales Force Otomation) untuk automisasi penjualan
* Memberikan dukungan proses bisnis yang optimal (penjualan, pemasaran, dan pelayanan)
Kunci Sukses CRM :
* Tenaga ahli
* Teknologi memadai
* Proses desain dan implementasi yang baik
No comments:
Post a Comment