Monday, February 13, 2012

CRM - overview

CRM
Atau yang lebih familiar dikenal sebagai Customer Relationship Management dapat didefinisikan sebagai strategi untuk menjalin hubungan kepada pelanggan berkenaan dengan layanan pra jual, penjualan, hingga purna jual.

Sasaran CRM :
yaitu untuk meningkatkan pertumbuhan perusahaan jangka panjang dan meningkatkan profibilitas bagi perusahaan

Fungsi CRM :
* mengorientasikan sistem berdasarkan need and wants pelanggan (customer-oriented)
* mengukur kepuasan pelanggan dari sudut pandang pelanggan
* menangani komplain/keluhan pelanggan secara cepat dan tepat
* mencatat dan mengikuti aspek penjualan
* mengidentifikasi faktor-faktor yang penting bagi pelanggan

Bidang implementasi CRM :
* Marketing
* Selling
* Customer Service

Variasi CRM :
* Sebagai intelijen penjualan
* Menganalisis data pelanggan, cross-selling, up-selling
* Menggunakan SFA (Sales Force Otomation) untuk automisasi penjualan
* Memberikan dukungan proses bisnis yang optimal (penjualan, pemasaran, dan pelayanan)

Kunci Sukses CRM :
* Tenaga ahli
* Teknologi memadai
* Proses desain dan implementasi yang baik

No comments:

Post a Comment